Wednesday, December 21, 2011

Tim Bedah Jantung

Operasi bedah jantung merupakan salah satu operasi yang unik, karena team ini memiliki unit yang berbeda, yakni adanya perfusionist, tim yang menjalankan mesin pintas jantung paru. Dalam pelaksanaannya, bedah jantung terdiri dari operator bedah, anastesi dan perfusionist
Operator bedah (surgeon) merupakan dokter spesialis bedah thorak kardiovaskular (Sp.BTKV) dengan didampingi asisten bedah. Asisten bedah bisa perawat (scrube dan circulate nurse), residen bedah (dokter yang dalam fase pendidikan spesialis bedah thorak kardiovaskular) dan dokter yang sudah lulus menjadi Sp.BTKV, namun masih perlu diasah untuk skill (keahlian) yang biasa disebut fellow.
Untuk anastesipun perlu adanya cardiac anastesi, dimana mereka memiliki pendidikan khusus untuk menjadi ahli bius. Pada unit anastesipun ada perawat anatesi yang biasa disebut sebagai penata anastesi.
Perfusionist, mungkin masih asing didengar. Karena memang unit ini unik. Hanya ada di bagian kamar bedah jantung. Mereka memiliki tugas untuk menjalankan mesin pintas jantung paru selama operasi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda